Thursday, October 9, 2014

Pengertian dan gejala autis

Diagnosa yang Akurat Terhadap Anak  autis

1.    Pengertian Autis
Autisme adalah gangguan perkembangan yang sanagt kompleks pada anak. Seringkali gejala tampak sebelum anak mencapai usia 3 tahun. Gangguan perkembangan ini mempengaruhi:
-    Kemampuan berkomunikasi(berbicara dan berbahasa)
-    Kemampuan berintraksi sosial (tidak tertarik untuk berintraksi)
-    Perilaku (hidup didalam dunianya sendiri)
Umumnya anak-anak autis sebelum berusia 3 tahun sudah menunjukkan ketidak normalan atau keterlambatan perkembangan dalam berinteraksi sosial,berbicara dan bermain menggunakan imajinasi.
2.    Apa penyebab Autisme pada seseorang.
Hingga saat ini para ahli di Amerika, eropa dan lainnya masih terus melakukan penyelidikan dan perdebatan mengenai penyebab utama kondisi ini. Beberapa hal seperti:
-    Komplikasi sebelum dan sesudah melahirkan.
-    Vaksin MMR (Mumps,Measles,Rubella).
-    Polusi lingkungan
-    Genetik
-    Keracunan logam berat(merkuri)
-    Alergi terhadap makanan tertentu seperti gandum,susu,produk susu,barley dan lain-lain.
Disebut-sebut sebagai pemicu,namun kepastian dan kesimpulan berdasarkan riset mengenai autisme belum juga terpecahkan dan para ahli sepakat bahwa belum ditemukan penyebab pasti munculnya autisme.
3.    Usia berapa gejala autis dapat dilihat
Sebagian besar orang tua melihat gejala autisme pada anak mereka,saat anak-anak mereka berusia dibawah 3 tahun.
Ada beberapa orang tua yang sudah melihat gejala autis saat bayi mereka baru berusia 9 bulan, ada juga yang mengamati gejala autis muncul saat anak mereka berusia 18 bulan. Para orang tua yang cermat ini mengamati bahwa bayi mereka berbeda dengan bayi-bayi yang lain. Bayi mereka cenderung tidak melakukan kontak mata, tidak bereaksi bila namanya di panggil dan tidak terlalu menyukai di peluk. Biasanya gejala autis akan muncul semakin banyak dengan bertambahnya umur anak.
4.    Mungkinkah autis dapat sembuh
Kalau kita berbicara sembuh pada penyandang autis,kita harus kembali pada definisi sembuh itu sendiri,kalau yang dimaksud sembuh dari autis adalah anak mampu berpikir serta bertingkah laku seperti anak-anak lain tanpa pertolongan dari para ahli,tanpa metode khusus dan tidak menjalaniterapi yang diperlukan, rasanya kemungkinan untuk sembuh sangatlah kecil. Para ahli yang dimaksud disisni tidaklah melulu harus mereka yang bergelar medis. Orang tuapun bisa menjadi pendidik yang andal selama mereka mau belajar, mencoba dan pant5ang menyerah.

Di beberapa negara maju seperti di Amerika dan eropa tidak sedikit anak-anak penyandang autis tumbuh menjadi pribadi yang mandiri dan berhasil.karena sebagian dari mereka ada yang nmemeliki tingakt IQ diatas rata-rata,yang seperti ini contohnya adalah Thomas Alfa Edison penemu lampu dan Bill Gates CEO Microsoft.

No comments:

Post a Comment